Blog

5 KEMAMPUAN DASAR MENANGANI PEMBELI


Setelah kemarin membahas 5 kemampuan dasar terkait listing yang harus agen properti kuasai, hari ini saya share 5 kemampuan dasar penting lainnya, terkait buyer, yaitu :

  1. Mampu Melakukan Profiling Buyer
  2. Mampu Mendefinisikan Kebutuhan Pembeli
  3. Mampu Membujuk Pembeli Untuk Melakukan Survey Unit
  4. Mampu Meyakinkan Pembeli Untuk Mengajukan Penawaran Harga
  5. Mampu Mengajak Pembeli Menutup Transaksi

Mengapa kelima kemampuan dasar ini sangat penting bagi seorang agen properti dalam meraih kesuksesan ? temukan penjelasannya dalam artikel berikut :

  1. MAMPU MELAKUKAN PROFILING CALON PEMBELI
    Profiling buyer adalah proses mengumpulkan informasi tentang calon pembeli. Kemampuan ini penting karena dapat membantu Anda memahami preferensi lokasi, tipe properti, fitur, hingga anggaran dari setiap calon pembeli. Dengan informasi ini, Anda dapat menyajikan properti yang sesuai dengan profil masing-masing pembeli, meningkatkan kemungkinan terjadinya kesepakatan.
  2. MAMPU MENDEFINISIKAN KEBUTUHAN PEMBELI
    Mengetahui kebutuhan sebenarnya dari calon pembeli sangat penting agar Anda bisa mengarahkan mereka ke properti yang paling sesuai. Ini membantu menghindari frustrasi calon pembeli yang berkeliling tanpa hasil dan meningkatkan kepuasan pembeli karena mendapatkan properti yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mereka. Contoh kebutuhan yang terkadang tersembunyi dan tidak dijelaskan oleh pembeli : rumah yang ada halaman belakang / dekat sekolah anak / di dalam komplek / dominan etnis tertentu.
  3. MAMPU MEMBUJUK PEMBELI UNTUK MELAKUKAN SURVEY UNIT
    Mengajak calon pembeli untuk melakukan survey unit adalah langkah penting. Sangat jarang terjadi ada pembelian tanpa didahului survey. Kemampuan meyakinkan mereka untuk melihat secara langsung properti yang sedang mereka pertimbangkan membantu mereka mengenal properti lebih baik dan memutuskan dengan lebih meyakinkan. Survey juga dapat membantu Anda menjelaskan nilai-nilai positif dari properti tersebut.
  4. MAMPU MEYAKINKAN PEMBELI UNTUK MENGAJUKAN PENAWARAN HARGA
    Penawaran harga merupakan langkah kritis dalam proses pembelian properti. Kemampuan meyakinkan calon pembeli untuk mengajukan penawaran harga penting karena dapat membantu memulai proses negosiasi dengan pemilik properti. Tanpa penawaran harga, proses pembelian mungkin tidak akan berlanjut ke tahap berikutnya.
  5. MAMPU MENGAJAK PEMBELI MENUTUP TRANSAKSI
    Tahap penutupan transaksi adalah saat di mana keputusan akhir dibuat. Kemampuan Anda untuk meyakinkan calon pembeli tentang langkah ini sangat penting karena ini adalah titik kunci di mana transaksi akan terealisasi. Kemampuan berkomunikasi yang baik, menjawab pertanyaan, dan mengatasi keraguan atau kekhawatiran calon pembeli dapat membantu Anda mencapai penutupan transaksi yang sukses.

Kelima kemampuan ini merupakan langkah-langkah kritis dalam proses penjualan properti.

Menguasainya akan membantu Anda memandu calon pembeli dengan efektif melalui seluruh proses, dari awal hingga penutupan, dan akhirnya mendapatkan penjualan yang Anda dambakan.

By : Wandi – IN.Come Realty
Artikel #2 / Training Series

Tinggalkan Balasan